Pemkot Jakbar Vaksin 515 Hewan Penular Rabies

By Admin


nusakini.com - Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Barat, telah memvaksinasi 515 ekor hewan penular rabies (HPR) di wilayah Kelurahan Kalideres dan Duri Kosambi.


Kasudin KPKP Jakarta Barat, Marsawitri Gumay mengatakan, layanan jemput bola pemberian vaksin bagi hewan peliharaan milik warga di dua kelurahan tersebut dilakukan sejak 2 hingga 7 Oktober.


"Kami membuka posko layanan di tujuh RW yang tersebar di Kelurahan Kalideres dan Duri Kosambi," ujar Marsawitri


Ia menambahkan, pemberian vaksin ini bertujuan agar mempertahankan Provinsi DKI Jakarta tetap bebas Rabies serta untuk melindungi masyarakat dari bahaya penyakit hewan menular (zoonosis) khususnya rabies.


"Kami menggelar vaksinasi di dua kelurahan tersebut, karena wilayahnya berbatasan dengan daerah peyangga Kota Tangerang, Banten, serta jumlah HPR di dua wilayah ini cukup banyak," kata Marsawitri.


Ia menjelaskan, HPR milik warga yang divaksin di Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng terdiri dari 87 ekor anjing, 224 kucing dan delapan musang.


Sedangkan, HPR milik warga di Kelurahan Kalideres yang telah divaksin terdiri dari 76 ekor anjing, 115 kucing dan lima musang.


"Tidak ada hewan kera yang dipelihara oleh warga di kedua kelurahan itu," tandasya.(pr/kj/al)